Bacaan Shalat Tahajud

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
(Bismillah)




      Segala puji bagi Allah Swt. karena berkat rahmat dan hidayahnya saya masih bisa melanjutkan menulis artikel ini. Serta tidak lupa shalawat serta salam saya sampaikan kepada Nabi Muhammad Saw. insyaallah yang akan memberikan syafaat di akhirat nanti.

      Artikel ini (part 3) merupakan artikel lanjuta dari  part 2 artikel ini jadi saudara bisa mengunjungi nya, dan untuk part 1 nya saudara bisa klik link ini. Semoga artikel saya bisa memberikan hidayah kepada saudara. ok langsung saja kita bahas.

Sunah Yang Disyariatkan Dalam Bacaan Shalat

  1. Membaca dengan perlahan-lahan.. Maksudnya, tidak membaca dengan cepat dan tergesa-gesa.
  2. Memberi jeda dalam bacaannya satu ayat satu ayat. Maksudnya, tidak menyambungkan dua ayat atau tiga ayat tanpa waqaf (berhenti). Akan tetapi berhenti pada setiap ayat.Apabila membaca ayat tasbih, maka bertasbihlah.
  3. Apabila membaca ayat yang mengandung permohonan doa, maka memohonlah. Dan apabila membaca ayat perlindungan, maka mintalah perlindungan.
     Dalil dari hal-hal tersebut adalah: hadits Hudzaifah r.a, dia berkata, “Pada suatu malam, aku shalat bersama Rasulullah Saw. lalu beliau mulai membaca Surah Al-Baqarah. Kemudian akupun berkata (dalam hati) bahwa beliau akan rukuk pada ayat yang ke seratus. Namun, beliau terus melanjutkan bacaannya. Kemudian akupun berkata (dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat itu) dalam satu rakaat. Namun beliau terus membaca. Maka akupun berkata (dalam hati bahwa) beliau akan rukuk setelah membaca surat itu. Ternyata beliau melanjutkan dengan mulai membaca surat An-Nisa sehingga selesai membacanya. Kemudian beliau melanjutkan ke surat Ali-Imron hingga selesai. Beliau membacanya dengan perlahan-lahan. Apabila beliau membaca ayat tasbih, maka beliau pun bertasbih. Apabila beliau membaca ayat permohonan, Maka beliau pun memohon. Dan apabila beliau membaca ayat perindungan, Maka beliau pun memohon perlindungan. Kemudian beliau rukuk dan membaca, 'Subhana Rabiyyal'Azhim (Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung)'. Dan lama beliau rukuk hampir sama dengan lama berdirinya. Kemudia beliau membaca, 'Sami'allahu liman hamidah (Allah mendengar orang yang memuji-Nya.' Kemudian beliau berdiri dalam waktu yang lama, hampir sama dengan lamanya beliau rukuk. Sesudah itu beliau sujud dan membaca, 'Subhana Rabbiyal Radhiyallahu'la (Maha Suci Rabbku yang Maha TInggi).'. Lama sujud beliau hampir sama dengan lamanya beliau berdiri"(HR. Muslim (772).).

     Juga berdasarkan riwayat Ahmad Rahimahullah dialam kitab musnad-nya dari hadits Ummu Salamah r.a. : Bahawasanya dia pernah ditanya mengenai bacaan Rasululllah Saw., maka dia menjawab, "Beliau memutus-mutus bacaannya ayat demi ayat, (Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi Rabbil Alamin, Arrahmanir rahim, Maliki yaumid din.).

     Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan, "Rasullah Saw. memutus-mutus bacaannya dan berhenti pada setiap ayat ... Beliau membaca surat dengan tartil Sehingga shalat itu terasa lebih panjang dari yang paling panjang sekalipun. Beliau terkadang shalat dengan membaca 1 ayat dan terus mengulang-ulangnya sampai pagi."(Zadul Ma'ad (1/337).

     Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan, "Rasulullah Saw. terkadang membaca dengan sirr (pelan). dalam shalat malam, dan terkadang membacanya dengan jahr (keras). Beliau terkadang memperlama berdirinya, dan terkadang meringankannya, beliau lebih sering melaksanakan shalat witir pada akhir malam, terkadang pada awal malam dan terkadang pada pertengahan malam."(Zadul Ma'ad (1/337).

Allahu A'lam



     Mohon maaf bila ada salah-salah kata atau penulisan. Semoga Artikel yang saya tulis bermanfaat bagi saudara sekalian. Dan semoga artikel yang saya tulis ini dapat diamalkan di dunia. Semoga Allah Swt. selalu memberikan hidayahnya kepada kita supaya kita dapat menjalankan kewajiban-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

     Untuk melihat artikel selanjutnya silahkan klik link Sunah Shalat Malam.

Comments

Popular posts from this blog

Hukum Istinsyaq dan Istintsar Tiga Kali

Manfaat Menjalankan Ibadah Sunnah

Sunnah Saat Shalat Malam (part 2)